Kunjungan Perpusatakaan Bank Indonesia Yogyakarta


   
Assalamu'alaikum wr wb
Semangat pagi Libraryan!
Jangan lupa bahagia!
       
           Jumpa lagi dihari yang penuh dengan aura positif ini, saya akan berbagi informasi kaitanya dengan perpustakaan khusus yang terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta. tepatnya pada hari Senin tanggal 7 Desember 2015 saya bersama 5 anak IP kelas A UIN Sunan Kalijaga berkunjung ke perpustakaan Bank Indonesia Yogyakarta.
           Bank Indonesia ini berdomisili di jalan Pangeran Senopati no.4-6 Yogyakarta. Di dalam Bank Indonesia ini sudah dilengkapi fasilitas pendidikan yaitu perpustakaan yang letaknya di lantai 2 kantor BI dan sudah mendapatkan piagam penghargaan sebagai perpustakaan terbaik pada Lomba Pengelolaan Perpustakaan KPwBI-DN Tahun 2013.



              Fasilitas yang disediakan pemerintah ada ruang baca yang dilengkapi dengan meja dan bantal berbentuk persegi dan biasanya digunakan untuk para siswa/mahasiswa untuk mengerjakan tugas sambil tengkurap. disediakan juga terminal buat ngecharge 
disini terdapat 3 jenis ruang baca, ada yang hanya dengan kursi dan meja, ada juga yang meja dengan karpet, dan bahkan ada juga yang di fasilitasi bantal demi kenyamanan pengunjung
          Rak buku yang disediakan ada sekitar 7 rak buku yang koleksinya difokuskan pada kajian ekonomi, moneter, keuangan dan perbankan. Di sini juga akan dilengkapi katalog buku online, jurnal online (JSTORE, ProQuest, Emerald, dan Springer Link), CD data statistik terbitan lembaga internasional seperti IFS. "Perpustakaan juga memiliki kliping berita yang terkait bidang tugas BI dari sejumlah harian dengan tahun penerbitan sejak 1998 semuanya lengkap."ujar petugas yang kebetulan disitu ada dua petugas tetapi bukan pustakawan.
          Masuk pada pembahasan mengenai hal inventarisasi, klasifikasi perpustakaan BI ini bukan menggunakan sistem DDC (dewey decimal classification) yang biasa digunakan oleh perpustakaan-perpustakaan pada umumnya.


didalam klasifikasinya mencapai lebih dari 1 juta klasifikasi dengan exemplar kurang lebih 400 ribu exemplar.

Perpustakaan ini buka pada setiap hari kerja, mulai pukul 08.00 Hingga 16.00, dari Senin Sampai Kamis. Sedangkan pada hari jumat, perpustakaan beroperasi mulai pukul 08.00 hingga 11.30 dan buka lagi pukul 13.00 sampai 16.00. Kurangnya penjelasan dari saya, silahkan langsung kunjungi perpustakaan BI ini di alamat yang sudah tertera diatas.

Semoga bermanfaat..
Wassalamu'alaikum wr wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini